Review Film - Zack Snyder's Justice League (2021)

by - March 30, 2021

 
Ini. Keren. Banget.
 
Tentu setelah versi ini dirilis, pasti banyak perbincangan dan juga perbandingan antara Zack Snyder's Justice League dengan Justice League (2017) punya Joss Whedon. Emang aku nggak tau waralaba konflik di dalem DC tuh kayak apa, tapi dari sudut pandang penonton awam, aku menilai kalo versi Snyder ini jauh lebih bagus, jauh lebih kompleks, dan jauh lebih make sense ketimbang versinya Whedon yang rilis di tahun 2017 lalu. 
 
Apa aja yang bikin keren? Banyak.
 
Dari durasinya yang kurang lebih 4 jam, aku ngeliat kalo film ini jadi tampil lebih leluasa. Ceritanya bisa kebangun dengan baik sehingga sebab-akibatnya pun makin jelas jadinya. Karena durasinya yang panjang juga, Zack bisa memperlakukan hero-heronya dengan layak, khususnya buat Flash sama Cyborg yang (akhirnya) punya backstory sendiri. Meski singkat tapi berdampak signifikan ke keseluruhan cerita.


 
Nggak cuma sampe situ aja perlakuan Zack ke hero-heronya. Kalo di versi "ramah" milik Whedon aku ngeliat karakternya pada lucu cenderung oon, tapi di versi yang ini aku ngeliat semua pada serius. Aku suka DC yang kayak gini, nuansanya dark, penuh kedewasaan, punya ciri khas sendiri. Jokes-jokes tetep ada tapi tepat guna. Flash yang karakternya kekanak-kanakan tetep kerasa sangar karena bawaanya ngeliat Justice League tuh kayak dewa-dewi yang lagi turun ke Bumi. Aku dibuat yakin kalo mereka hebat semua dan itu berkat sentuhan dari Zack Snyder. Bikin sudut pandang yang berbeda tentang superhero.
 
Scoring-nya ajib banget! Aku tuh paling peka sama scoring music kalo lagi nonton dan film ini terasa gahar banget. Musik tarungnya Wonder Woman tuh salah satu contoh yang bagus banget dan bikin yakin kalo dia dari bangsa Amazon. Tapi juaranya tetep Flash pas beraksi di final-act itu sih. Musik + scene-nya bikin merinding dan emang kudu rewatch khusus buat part itu. Momen favoritku di film ini. Jos gandos pokoknya.


 
Villainnya, si Steppenwolf, juga dapet perlakuan terhormat dari Zack. Jadi makin sangar. Lebih intimidatif dan lancip-lancip gitu. Keliatan kuat susah dikalahin. Aku juga seneng karena film ini lebih padet aja gitu, lebih masuk akal ketimbang versi sebelumnya dan berkat beberapa tambahan scene juga rasanya kayak jadi angin segar buat DC dan kelanjutan universe miliknya.
 
Tapi emang sih slowmonya agak berlebihan jadi rasanya malah bikin slowpace. Diawal-awal agak lambat tapi begitu masuk tengah kebelakang dan sampe final-act jadi lebih enak pace-nya. Ya ini sih worth the wait, ekspektasi terpenuhi, harusnya tuh emang kayak gini dan aku seneng enjoy nontonnya. 4 jam yang nggak dibuang sia-sia sama Zack Snyder. 
 
"Dad, whatever happens I want you to know... Your kid was one of them dad, one of the best of the best". Dari seorang Barry Allen, The Flash, yang sukses bikin aku terharu 😭
 
Ada di HBO GO/HBO MAX