Review Film - White Snake (2019)

by - May 03, 2020


Pertama kali nonton trailernya aku langsung teringat pada salah satu animasi favoritku yang rilis tahun lalu yaitu NeZha (2019). Style nya mirip, animasi dengan detail mumpuni dan gerakan mulus yang rasanya punya frame per second tinggi. Tapi sayang, White Snake kurang perkasa kalo harus dihadapkan langsung dengan NeZha.

White Snake mengambil kisah legenda klasik dari China sama seperti NeZha. Jujur, aku baru tau cerita siluman ular putih ya dari animasi ini. Intinya sih seputar kisah cinta antara manusia dengan siluman yang dibarengi dengan bumbu penghianatan. Ada kubu-kubunya gitu lho antara manusia, siluman, dan satu lagi penyihir.

As I expected, animasinya keren. Detailnya yahut dan gerakannya mulus, rasanya kayak nonton video yang FPS nya gede. Desain karakternya khas dari China, seger, cantik, dan banyak warna. Pas bagian monster-monsternya sih favorit banget! Oh iya, ternyata film ini adalah hasil kerjasama antara Light Chaser Animation dari China dengan Warner Bros. Jadi mah nggak perlu ditanyain lagi kalo kualitas animasinya jempolan.

Dari ceritanya, aku yang belum tau soal legenda klasik romansa antara siluman ular dengan manusia lumayan "disuapin" sama film ini. Aku jadi tau ini-itunya dan ya rasanya cukup tau. Sebenernya menarik banget, cuma ada hal yang bikin aku nggak sepenuhnya masuk ke filmnya.



Mulai dari awal nih, di 20 menit pertama aku langsung dikasih banyak hal dan itu cepet banget rasanya. Aku belum dapet feel nya satu adegan tiba-tiba udah ditubruk lagi sama yang lain. Bahkan di awal-awal udah langsung dikasih love story tanpa set-up yang kuat. Everything happens really quick and im not ready for that.

Alurnya cepet banget dan ada banyak hal yang dimasukin dan jadi super padet. Filmnya kayak gini terus seengaknya sampe paruh pertama. Pokoknya tiba-tiba udah ini itu tanpa ada set-up yang kuat. Aku nggak bisa dapet feel-nya dan nggak terikat sama karakternya. Yaudah karena padet di depan, jadi ekspektasi kebelakangnya tinggal nungguin aksinya aja.



Nah cukup disayangkan juga nih aksinya ternyata begitu doang. Masih kalah detail dan kalah mempesona kalo dibandingkan sama NeZha. Nggak ada yang memorable selain bentuk/desain karakternya. Padahal bayanganku setelah semua cerita padet di depan ya di belakangnya bisa longgar buat pamer aksi fantastis tapi ternyata enggak. Lalu setelah dipikir-pikir lagi, film ini serius banget. Bahkan kayaknya aku nggak nemuin jokes disini padahal ini film animasi.

White Snake sebenernya bisa jadi satu film animasi yang seru. Ekspektasiku tinggi karena yang di gandeng adalah studio gede, cuma ternyata hasilnya nggak sesuai harapanku. Kualitas animasinya emang jempolan tapi dari banyak hal lain film ini jauh dari kata memuaskan. But still, worth to try kok kalo penasaran sama kualitas animasinya.

Ada di KLIKFILM