Review Film - My Octopus Teacher (2020)

by - June 19, 2021


Film dokumenter tuh bukan aku banget. Kalo disediain dan suruh milih nih, pasti dokumenter tak pinggirin, pilih nonton kartun atau horor dulu. Tapi sekalinya nemu yang bagus kayak My Octopus Teacher gini, aku susah move-on. Pasti jeda lama buat nonton film dokumenter berikutnya.
 
Suka banget sama My Octopus Teacher. Craig Foster adalah seorang filmmaker yang nemuin hati dan nyamannya saat menyelam di laut. Nah ndelalah kok ya ketemu sama si mbak gurita ini. Dia jadi makin sayang dan karena obsesinya, akhirnya jadilah film dokumenter yang berhasil ngebawa pulang piala Oscars 2021 kemaren.
 


Aku seneng sama penuturan ceritanya yang runtut dan kagum banget sama caranya Craig memvisualkan indahnya laut tempat dia menyelam. Runtut banget ceritanya. Aku bisa ngeliat gimana interaksi Craig dengan mbak gurita ini dengan urut. Kayak PDKT dari malu-malu sampe saling terkoneksi satu dengan lainnya. Ditambah lagi visualnya yang cakep top banget. Laut dibikin indah banget lewat sudut-sudut pengambilan gambar yang keren. Kagum, terus mikir "kok ya sempet ngambil gambar ini itu segala macem padahal lagi di dalem air".
 
Aku dibikin bersimpati sama hubungan manusia-gurita ini. Somehow bikin hati hangat dan terasa emosional. Kayak jujur gitu lho kalo ada persahabatan antara manusia dan hewan tuh. Aku ngeliatnya lebih tulus aja gitu ketimbang persahabatan manusia dan manusia. Hal itu ditunjukin bener-bener di sini dan jadi highlight buat filmnya. Mereka terasa saling melengkapi.



Poin plus lainnya yang aku suka banget adalah risetnya Craig tentang gurita. Aku jadi tau kalo gurita itu hewan yang menakjubkan. Punya banyak jurus buat bertahan hidup yang aku sendiri jadi tau kalo mereka bisa gitu. Tingkah lakunya dijelasin dengan ringan dan gampang dimengerti. Dasarnya emang suka nontonin binatang-binatang kali ya makanya aku seneng pas nonton ini. Nggak kaget sih kalo kemaren berhasil menangin piala Oscars.
 
Ada di NETFLIX