Review Film - Seaspiracy (2021)

by - August 04, 2021


Oke, setelah nonton ini emang bisa disimpulkan kalo Seaspiracy itu satu dokumenter yang mengangkat isu cukup sensitif. Mencoba ngebongkar apa yang terjadi di lautan sampe ke segala macem politik-bisnis di dalamnya. Aku bisa ngomong kalo film ini sensitif karena saat ngebahas alam, dan rasanya jadi sah-sah aja kalo mau diantisipasi dulu ntar ujungnya bakal ada pesan bernada persuasif. Nah, sekarang tinggal hasilnya aja nih, apakah bisa memunculkan sebuah solusi, ataukah bisa menguak fakta, atau mungkin cuma sekedar bikin hati penontonnya tergerak?
 
Aku diajakin buat ikut perjalanan seorang aktivis yang punya passion terhadap kehidupan di lautan. Namanya Ali Tabrizi. Di sini dia dan istrinya Lucy Tabrizi, mencoba buat menguak dan mengungkap seberapa parah kondisi lautan saat ini. Dengan dokumenter ini pula mereka mau ngebuktiin kalo sebenernya ada yang salah di sistem dunia yang mengatur kehidupan di lautan. 



Seaspiracy ini emang ngebahas tentang keberlangsungan hidup lautan. Diawali dengan meyakinkan pas diliatin sampah plastik yang bikin lautan tercemar itu udah bisa langsung memantik emosi. Itu baru isu pertama yang dibahas. Terus lama kelamaan merembet jauh sampe illegal fishing yang mana bisa berpengaruh besar ke ekosistem laut.
 
Sisi yang aku suka dari dokumenter ini tuh emang menguak beberapa hal yang belum pernah aku temuin sebelumnya. Selain bermacam problematika yang ada di laut mulai dari sampah plastik sampe illegal fishing, aku jelas menyukai segala penjelasannya tentang ekosistem laut yang ternyata berpengaruh banget ke kehidupan di Bumi. Ngingetin lagi ke pelajaran SD tentang rantai makanan yang ternyata setelah disadari emang nggak sesederhana itu.
 


Nah tapi nih yang bikin aku kurang sreg sama dokumenter ini adalah dia seakan mencoba menggiring penontonnya ke satu konklusi besar yang memang nggak setiap orang bisa terima. Agak kontroversi sih ini sebenernya. Aku emang udah kurang sreg semenjak beberapa isu yang udah dipaparkan tapi kayak majuuu terus aja gitu tanpa coba ngeliatin alternatif solusi buat beberapa masalah sebelumnya atau bahkan sekedar mendalami masalah paling kecil. Jadi kayak langsung tembak pake satu solusi di belakang gitu lho dan sifatnya nyetir ke satu arah.
 
Aku menyayangkan aja sih, maksudku, paparan masalahnya udah komplit banget. Aku mungkin bakal lebih suka dan lebih setuju kalo film ini nggak coba ngajak buat menyederhanakan permasalahan kompleks jadi bisa diatasi pake satu solusi, tapi alangkah baiknya kalo lebih persuasif ke hal-hal kecil dan ke seluruh pihak karena emang beda permasalahan tentu aja bakal beda solusinya. Akhirnya Seaspiracy buatku cuma menjadi dokumenter yang mampu ngasih tau kalo laut sedang nggak baik-baik aja.

Ada di NETFLIX