Review Film - The Guilty (2021)

by - October 19, 2021


Trailernya menegangkan. Tak pikir aku bakal ngeliat kode-kodean antara petugas terima telfon di 911 sama seorang wanita yang jadi korban penculikan. Aku udah kadung penasaran dan mengharap ada dialog-dialog unik dan tak biasa antara polisi sama korban, tapi nyatanya aku cuma nemu segelintir aja. The Guilty kayaknya emang mau fokus ke karakter Joe Baylor ketimbang mengeksplorasi penuh kejadian penculikan yang sedang dia tangani.
 
Aku nonton ini kok ya ngepasi polisi lagi rame dibicarain sama warganet. Bukan prestasi tapi pada ngomongin buruknya sistem pelayanan sampe-sampe dibandingin kalah sama satpam BCA. Nah Joe ini adalah seorang petugas 911 yang kerjaannya nerima telfon aduan dari para klien di luar sana yang butuh bantuan polisi. Ngepas banget juga kok ya Joe ini keliatan agak nyepelein tugasnya. Bukan gara-gara mager, tapi karena kondisi mentalnya dia yang kurang stabil. Nah ndelalah kok ya ada wanita nelfon manggil "sayang" ke Joe. Semacam kode biar nggak ketauan. Singkat cerita setelah diusut ternyata wanita itu lagi diculik dan butuh bantuan.
 

Aku ngeliat The Guilty ini menarik banget di awal-awal dan aku cukup menikmati dibawa ke kondisi kantor pusatnya Joe. Aku cukup bisa ngerasain kalo ada di posisi customer service kayak gitu tuh bener-bener blind, buta, klien itu nelfon butuh bantuan beneran atau cuma main-main, kita nggak tau. Jadi emang kudu pinter-pinter ngomong dan The Guilty berhasil nempatin aku di posisi itu.
 
Jake Gyllenhaal nge-carry film ini sendirian. Aktingnya manteb, mukanya ganteng jadi agak betah nontonnya. Ngomong sama suara telfon doang tuh aku pikir nggak gampang dilakuin. Susah kayaknya akting tanpa liat muka lawan mainnya, dan Jake cukup berhasil bikin karakter Joe lebih hidup.
 


Nah yang nggak aku suka tuh emang film ini lebih menyoroti ke pribadi Joe Baylor. Lebih fokus ke perkembangan karakternya ketimbang terus mengeksplorasi ketegangan dari penculikan wanita itu. Jadi terkadang film ini tampil agak ngebosenin. Misterinya juga kurang memikat dan ditambah momen-momen pemantik ketegangannya agak monoton, ada repetisi dan formulanya berulang. Jadinya ya kurang greget aja. Kekuatan film ini juga jelas ada di dialog yang sayangnya makin lama makin mbleret, jadi makin nggak tertarik ngikutin kasusnya.
 
The Guilty tuh nggak buruk, tapi emang rasanya kayak tipikal film Netflix yang nggak punya daya eksplorasi. Tema dan premis bagus tapi malah jadi drama datar yang cenderung gampang dilupain. Kalo bisa nangkep makna dari judulnya, film ini dengan mudah bisa kalian tebak arahnya kemana.

Ada di NETFLIX