Review Film - Exhuma (2024)

by - March 09, 2024


Wah, wah, Exhuma ini ternyata seru juga yaaa. Aku puas nontonnya. Memang enaknya nonton tanpa tau apa-apa terlebih dulu tuh ya gini. Momen kejutnya jadi ngena banget.

Ceritanya ada team-up antara dua dukun/cenayang muda yang modis banget (serius, modis banget), satu ahli feng shui, dan satu pengurus pemakaman, buat nanganin kasus dari sebuah keluarga yang ada kaitannya sama leluhur masa lalunya yang udah lama meninggal. Tentu saja pasti melibatkan kuburan leluhurnya itu. Singkat cerita, setelah terima kasus, ternyata itu bakalan nge-lead mereka ke dalam situasi yang much much worse dan jauh lebih gelap dari yang mereka kira.


Aku sukanya Exhuma ini adalah dia punya cerita yang berlapis. Nggak mau aku sebutin detailnya kayak apa, tapi karena itu pula aku selalu digiring menuju rasa penasaran setiap menitnya. Misterinya bisa terjaga rapat, dan menurutku penempatan clue-clue buat ngebongkar misterinya juga disebar dengan tepat tempat. Exhuma ini ahli banget di situ, bikin penontonnya penasaran.

Menurutku Exhuma lebih ke arah horor yang menegangkan dan bikin cemas ketimbang horor yang menakutkan. Horornya atmosferik. Meneror penonton pake momen-momen yang intensitasnya terus naik ketimbang pake jumpscare dan nunjukin penampakan. Mungkin penontonnya bakalan kepecah jadi dua sih gara-gara ini. Ada yang bakalan ngerasa serem dan ada yang ngerasa enggak serem karena minim jumpscare. Buat aku pribadi, aku suka dan aku menikmati horor yang kayak gini. Nggak berniat membandingkan, tapi emang feel nontonnya mirip kayak waktu nonton The Wailing (2016).


Dukungan dari karakternya pun juga bisa nambahin intensitas ke-was-was-an yang ada di Exhuma. Pakde Sang-duk sih khususnya. Buat belio ini tolong plis banget kalo pergi jangan sendirian yo pakde, aku yang nonton nih jadi gemes dan khawatir pengen nemenin. Tapi memang dari situ jadi keliatan kalo Exhuma ini cerdik. Mampu memanfaatkan ceritanya yang berlapis, karakternya yang kuat, dan juga durasinya yang panjang, buat menciptakan tontonan yang selalu memantik rasa nggak nyaman.

Buat aku pribadi, sisi menarik Exhuma ada di budaya dan ritual yang dia punya. Menarik banget kataku. Cerita berlapis dan turning point-nya (yang nggak bakalan aku ceritain di sini) juga bisa bikin aku bawa PR sampe rumah. Pengen baca-baca dan jadi pengen belajar lebih jauh tentang itu. Film yang bisa memicu bahas membahas di media sosial. Serem bisa, tegang maksimal, misteri memikat. Yowis, bagus!

Film ini ada di BIOSKOP