Review Film - Fear of Rain (2021)

by - April 07, 2021


Mulai dari adegan pembukanya, penonton langsung dikasih tau kalo si protagonis adalah pengidap Skizofrenia. Tentu aku tertarik dong, karena aku dulu juga sering berinteraksi langsung sama temen-temen Skizofrenia juga. Apalagi ada embel-embel horor-psikologis dan juga Madison Iseman, aku memutuskan buat langsung nonton Fear of Rain di malam yang lagi rain pula. Tapi ternyata aku cukup dikecewain sama film garapannya Castille Landon ini.
 
Dari judulnya aku nebak, ini apa ada hubungannya sama hujan ya? Tapi ternyata enggak, Rain (Madison Iseman) adalah nama protagonisnya. Dia mengidap skizofrenia dan kudu berjuang ngebedain mana yang nyata dan mana yang enggak sampe di satu titik, dia meyakini kalo tetangga sebelahnya nyulik dan nyekap seorang anak perempuan dirumah.
 


Film ini lambat. Tipikal slow-burn horror yang ntar ada kejutan di belakang. Tapi ini kebangetan sih soalnya sampe 3/4 durasi aku nggak nemuin sesuatu yang menggigit gitu lho. Apalagi selepas karakter Caleb muncul, fokusnya Fear of Rain jadi kepecah. Yang tadinya kental misteri tiba-tiba ada ikatan cinta antara Caleb dan Rain yang bagiku kepanjangan dan nggak gitu penting. Fear of Rain juga kayak kebingungan. Nanggung gitu mau jadi horor-psikologis tapi nggak mampu ngasih pendalaman karakter dengan skizofrenia.
 
Buat film yang berlabel horror, menurutku Fear of Rain nggak ada horor-horornya. Aku juga nggak nemuin motif kuat dan penjelasan meyakinkan soal segala apapun yang terjadi di film ini. I can't accept everything's happen in this movie. Aku nggak diyakinkan gitu lho ini nyata atau itu enggak. Pake tameng Skizofrenia buat bikin film yang ngaburin batas realita-halusinasi itu memang satu jalan pintas yang kurang baik kalo ekesekusinya kurang sip.
 


Terus rasanya hambar. Begitu ending-nya keluar aku nggak ngerasain ini semua make sense gitu. Segala prosesnya terasa begitu cepat tapi build-up ceritanya lemah. Panjang doang tapi nggak kuat buat ngeyakinin penonton. Atau mungkin aku yang kelewat detil kecil kali ya? But anyway aku seneng sama Madison Iseman di sini dan mungkin dia satu-satunya yang bisa dijadiin motivasi buat nonton film ini.
 
Mungkin maksudnya Castille Landon tuh mau bikin film kayak Shirley (2020) kemarin kali ya? Yang batas antara realita dan halusinasinya itu tipis banget? Tapi dengan pake dalih Skizofrenia kayaknya itu salah satu poin yang aku kurang sreg karena ya jadi terkesan males nulis aja. I mean, we're all know gitu kalo Skizofrenia memang sebuah penyakit yang bikin seseorang lebih banyak berhalusinasi.
 
Ada di KLIKFILM