Review Film - Speak No Evil (2022)

by - January 01, 2023


Anj, salah ini mah nonton film beginian buat nutup tahun 2022 emang salaaahh! Salah satu film yang sukses membuat rasa kesal memuncak plus rasa nggak nyaman selama 97 menit durasinya.

Ini buatku problemnya relate banget. Jadi ada satu keluarga dari Denmark gitu waktu jalan-jalan mereka ketemu sama sekeluarga asing ga dikenal. Singkat cerita mereka ada interaksi ngobrol ini itu, terus si keluarga ga dikenal ini ngajakin berkunjung ke rumahnya buat berakhir pekan gitu. Si Denmark iyain kan. Nah waktu sampai di sana, ternyata buanyak banget hal ganjil yang ditunjukin sama si keluarga ga dikenal ini.
 


Pertama kali terlintas pas nonton Speak No Evil ini adalah atmosfernya. Sepanjang durasi beneran dibuat nggak nyaman. Tipikal horor atmosferik yang tanpa kemunculan teror pun tetep rasanya bikin khawatir dan nggak tenang. Buatku film kayak gini punya tempat tersendiri, mengingat sekarang horor yang ada hantunya udah mulai sering pake formula yang serupa saat meneror penontonnya. Kalo minta pendapat, horor hantu sama horor yang terornya dari manusia serem mana, Speak No Evil angkat gelas sambil senyum pasti. Teror dari manusia nggak kalah serem, malah menurutku lebih brengsek dari horor hantu.
 
Tadi sempat aku bahas tentang permasalahan di Speak No Evil yang relate banget ya? Nah jadi ini tuh si keluarga Denmark punya karakter nggak enakan, sungkan, suka pekewuh kalo dibaikin sama orang lain. Aku bilang relate karena karakter itu juga aku punyai, dan aku mengakui itu. Temenku pernah bilang "stop jadi people pleaser, kalo nggak, nanti ujung-ujungnya jelek lho". Terus waktu nonton ini malah jadi takut sendiri, nanti nek diculik piye ya gara-gara ga bisa nolak.



Jadi orang sungkan itu nggak enak, serius, dan yang ditunjukin di Speak No Evil ini adalah ketika kita sekali nggak enakan sama hal kecil, nanti lama-lama kita juga jadi nggak enakan sampai ke hal yang besar. Itulah terjadi di keluarga Denmark. Lama-lama mereka jadi terkesan membenarkan red flag yang udah ditunjukin sama si keluarga asing cuma karena rasa sungkan mereka. Cuma karena mereka terlalu baik. Ujungnya ya sampai di 15 menit terakhirnya yang geger banget anjir sialaaann. Bikin kesel iya, bikin panik iya, dan serem juga iya. Munculin aftertaste yang pahit.
 
Udah, ini film yang beneran bikin nggak nyaman sepanjang durasi, apalagi ini termasuk film yang pelan-pelan merayap gitu seremnya. Durasinya yang tergolong singkat bisa dimanfaatin buat bikin aku ngerasa terkucilkan. Bayangin aja kalian ngobrol di tengah-tengah orang asing dengan bahasa yang beda dan ngga tau artinya. Terkucilkan banget. Terakhir, fuck off Ninus!
 
SPOILER!!
 
Mungkin kalo ada sedikit kurang emang ada di ending-nya yang terkesan los aja tanpa ada sepercik perlawanan dari protagonisnya. Cum buatku masih oke lah dapet toleransi, karena saking lugunya para protagonis jadi mereka mungkin shock berat, so they can do nothing.
 
Film ini ada di SHUDDER